STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2008/2009

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)


Mata Pelajaran : IPA (PARIWISATA)

Kurikulum : Edisi 2004

No

Kompetensi

Sub Kompetensi

Lingkup Belajar

Bentuk

Penilaian

1.

Menerapkan besaran-besaran fisika dan sistem pengukuran

Mengidentifikasi besaran-besaran fisika

Besaran Pokok

PG

2.

Menerapkan besaran-besaran fisika dan sistem pengukuran

Menggunakan alat-alat ukur

Alat Ukur

PG

3.

Mendeskripsikan dasar-dasar kelistrikan

Mengukur besaran listrik

Alat Ukur listrik

PG

4.

Mendeskripsikan dasar-dasar kelistrikan

Mengidentifikasi pemakaian arus listrik

Energi listrik

PG

5.

Membedakan perubahan kimia dan fisika

Membedakan perubahan kimia dan fisika

Perubahan materi

PG

6.

Membedakan unsur, senyawa dan campuran

Membedakan unsur, senyawa dan campuran

Klasifikasi materi

PG

7.

Membedakan unsur, senyawa dan campuran

Mengidentifikasikan campuran

Campuran

PG

8.

Membedakan unsur, senyawa dan campuran

Memisahkan campuran

Pemisahan campuran

PG

9.

Menentukan jumlah elektron valensi suatu atom

Menentukan jumlah elektron valensi

Konfigurasi Elekron/Elektron valensi

PG

10.

Mengidentifikasi unsur dalam sistem periodik

Menentukan golongan dan periode unsur dalam sistem periodik

Sistem Periodik

PG

11.

Membedakan reaksi kimia reversible dan irreversible

Menyetarakan persamaan reaksi kimia

Persamaan Reaksi

PG

12.

Mengidentifikasi organisasi seluler dan menghubungkannya dengan struktur jaringan dan fungsinya

Mengidentifikasi fungsi organ-organ sel

Sel

PG

13.

Mengidentifikasi mikroorganisme virus, bakteri, fungi/jamur dan protozoa

Mendeskripsikan struktur dan cara reproduksi (penyebaran) virus, bakteri, jamur/fungi dan protozoa

Mikroorganisme

PG

14.

Mengidentifikasi mikroorganisme virus, bakteri, fungi/jamur dan protozoa

Mengidentifikasi peranan virus, bakteri, jamur dan protozoa

Peranan Mikroorganisme

PG

15.

Mengidentifikasi berbagai jenis larutan

Menunjukkan contoh larutan elektrolit dan non elektrolit

Larutan Elektrolit

PG

16.

Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan

Menyatakan konsentrasi larutan dalam %b/b, %b/v, %v/v, molaritas (M) dan ppm

Konsentrasi Larutan

PG

17.

Membedakan asam, basa dan garam

Mengidentifikasi asam, basa dan garam

Sifat-sifat asam, basa dan garam

PG

18.

Membedakan asam, basa dan garam

Mengidentifikasikan contoh dan kegunaan asam, basa dan garam

Kegunaan asam, basa dan garam

PG

19.

Membedakan koloid, suspensi dan larutan sejati

Menentukan contoh berbagai jenis koloid

Koloid

PG

20.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat-alat peredaran darah manusia

Mendeskripsikan stuktur dan fungsi alat-alat peredaran darah manusia

Sel darah

PG

21.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat-alat peredaran darah manusia

Mengidentifikasi gangguan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia

Gangguan/ kelainan padasistem peredaran darah

PG

22.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat-alat ekskresi

Mendeskripsikan struktur dan fungsi alat ekskresi pada manusia

Alat-alat ekskresi

PG

23.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernafasan manusia

Mendeskripsikan mekanisme pernafasan pada manusia

Alat pernafasan manusia

PG

24.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem pernafasan manusia

Menganalisis gangguan pada alat-alat pernafasan manusia

Gangguan/ kelainan pada sistem pernafasan

PG

25.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi sistem gerak

Mengidentifikasi struktur dan fungsi tulang

Jenis-jenis tulang

PG

26.

Mengidentifikasi struktur dan fungsii sistem koordinasi

Mengidentifikasi hormon

Fungsi hormon

PG

27.

Mendiskripsikan usaha, energi dan daya

Mengidentifikasi energi

Jenis-jenis energi

PG

28.

Mendeskripsikan suhu dan kalor

Mengidentifikasi besaran-besaran fisika tentang suhu dan kalor

Konversi satuan suhu

PG

29.

Mendeskripsikan suhu dan kalor

Mengidentifikasi besaran-besaran fisika tentang suhu dan kalor

Perpindahan kalor

PG

30.

Mengidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi

Menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi

Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan reaksi

PG

31.

Mengidentifikasi reaksi reduksi-oksidasi

Menunjukkan contoh-contoh reaksi reduksi-oksidasi

Contoh reaksi redoks

PG

32.

Mengidentifkasi senyawa karbon

Mengklasifikasikan senyawa karbon berdasarkan gugus fungsionalnya

Rumus hidrokarbon

PG

33.

Mengidentifkasi senyawa karbon

Mengklasifikasikan senyawa karbon berdasarkan gugus fungsionalnya

Gugus fungsional senyawa karbon

PG

34.

Mengidentifkasi senyawa karbon

Mengidentifikasi bahaya dan kegunaan bahaya senyawa karbon

Kegunaan senyawa karbon

PG

35.

Mengidentifikasikan zat kimia di sekitar kita

Membedakan udara bersih dan tercemar

Pencemaran udara

PG

36.

Mengidentifikasikan zat kimia di sekitar kita

Membedakan air bersih dan tercemar

Pencemaranair

PG

37.

Mengidentifikasikan zat kimia di sekitar kita

Mengidentifikasi logam

Logam berat yang berbahaya bagi manusia

PG

38.

Mengidentifikasikan zat kimia di sekitar kita

Mengidentifikasikan zat aditif dalam makanan

Zat aditif

PG

39.

Mengidentifikasikan karbohidrat, protein dan lemak

Mengidentifikasikan karbohidrat dalam makanan

Karbohidrat

PG

40.

Mengidentifikasikan karbohidrat, protein dan lemak

Mengidentifikasikan protein dalam makanan

Protein

PG

41.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat pencernaan pada manusia

Mendeskripsikan fungsi alat-alat pencernaan manusia

Alat pencernaan manusia

PG

42.

Mengidentifikasi struktur dan fungsi alat pencernaan pada manusia

Mengidentifikasi enzim-enzim pada pencernaan

Fungsi enzim pencernaan

PG

43.

Mendeskripsikan komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Mengidentifikasi komponen ekosistem

Komponen ekosistem

PG

44.

Mendeskripsikan komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Mengidentifikasi jenis limbah

Macam limbah

PG

45.

Mendeskripsikan komponen ekosistem serta peranan manusia dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Mengurangi terjadinya polusi

Penanganan limbah

PG

46.

Mendeskripsikan dasar-dasar kelistrikan

Mengidentifikasi besaran listrik

Besaran listrik

Uraian

47.

Mengidentifikasi unsur dalam sistem periodik

Menentukan golongan dan periode unsur dalam sistem periodik

Penetapan periode dan golongan

Uraian

48.

Mengidentifikasi mikroorganisme virus, bakteri, fungi/jamur dan protozoa

Mendeskripsikan struktur dan cara reproduksi (penyebaran) virus, bakteri, jamur/fungi dan protozoa

Peranan virus

Uraian

49.

Menggunakan satuan konsentrasi dalam membuat larutan

Menyatakan konsentrasi larutan dalam %b/b, %b/v, %v/v, molaritas (M) dan ppm

Konsentrasi larutan

Uraian

50.

Mendeskripsikan suhu dan kalor

Mengidentifikasi besaran-besaran fisika tentang suhu dan kalor

Satuan suhu

Uraian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: